Melayani Guru Les Privat ke Rumah TK, SD, SMP, SMA, SBMPTN, SIMAK UI, OSN, Les Bahasa Inggris, di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi. Mobile Phone:.08787.065.1432 / 0812.95.800.765

Inilah 9 Kriteria Guru Profesional


Menjadi guru merupakan profesi yang sangat mulia. Setiap guru ingin menjadi baik, Apa sebenarnya kualitas yang menjadikan guru yang baik, apa saja keterampilan, bakat, dan karakteristiknya, dan dapatkah mereka diajarkan atau dipelajari?Berikut adalah kriteria guru yang berkualitas:


foto:understood.org
1. Komunikator yang baik.
Sebaik apapun pengetahuan seseorang guru, jika tidak bisa menyampaikan apa yang mereka ketahui kepada orang lain dengan cara yang tidak hanya bisa dimengerti tetapi juga melibatkan, pengetahuan itu sendiri tidak berguna. Keterampilan komunikasi seorang guru secara verbal, nonverbal, dan visual baik, maka seorang guru dapat menyampaikan pengetahuan dengan keterampilan dan hasil yang lebih baik. Seorang guru yang baik memperhatikan ketika ada siswa tidak mengerti dan berusaha secara individu jika diperlukan.
 
      2. Pendengar yang baik.
Selain menjadi komunikator yang baik, guru yang baik juga menjadi pendengar yang baik. Seperti pepatah Turki mengatakan, "Jika berbicara adalah perak, maka mendengarkan adalah emas." Tentu saja, komunikasi yang efektif hanya terjadi ketika setidaknya dua pihak terlibat secara aktif dalam proses bersama, dan satu-satunya cara untuk mengetahui apakah komunikasi didengar adalah dengan bertanya (dan mendengarkan jawaban).

Jadi dalam lingkungan belajar yang ideal, guru mengajukan pertanyaan penting dan kemudian secara aktif, hati-hati, secara empatik mendengarkan apa yang dikatakan peserta didik. Ketika guru yang baik mengembangkan kualitas pasien ini dalam diri mereka sendiri, mereka mulai menjadi hebat. Guru-guru hebat mendengarkan dengan keras dan kemudian menggunakan apa yang mereka dengar untuk meningkatkan komunikasi.

3. Memiliki pengetahuan luas dan semangat belajar semua pelajaran.
Jika seorang guru tidak memiliki pengetahuan dalam suatu mata pelajaran maka sedikit pengetahuan yang dapat  disampaikan kepada siswa. Seorang guru berkualitas harus mempunyai pengalaman mengajar dalam berbagai mata pelajaran, seperti membaca, berhitung, pelajaran IPA atau IPS. Tidak terbatas dengan mengajar dan belajar satu mata pelajaran.

foto:active.com
      4. Membangun hubungan kepedulian dengan siswa.
Untuk menciptakan lingkungan belajar yang baik, guru yang hebat harus mampu membangun kepedulian dengan siswa. Hubungan siswa-guru yang peduli inilah yang memfasilitasi pertukaran informasi. Guru-guru terbaik sering kali adalah yang paling peduli, tidak hanya tentang pekerjaan mereka, tetapi tentang setiap siswa yang mereka layani. Tidak cukup hanya dengan mencintai materi pelajaran, Guru yang hebat juga berbagi cinta siswa. Peduli pada siswa adalah apa yang menginspirasi para guru untuk menjangkau, berbuat lebih baik, berkomunikasi lebih banyak, bertanya, belajar, memperbaiki, dan meningkatkan. Ini adalah sesuatu yang tidak bisa diajarkan, bahkan di sekolah terbaik sekalipun.

      5. Ramah dan supel.
Karena tugas guru untuk membantu siswa belajar, mereka harus mudah didekati. Siswa akan memiliki pertanyaan yang tidak dapat dijawab jika gurunya tidak ramah dan tidak mudah diajak bicara. Guru yang pemarah, tidak bisa didekati, singkat, kejam, sombong, kasar. Jika siswa menganggap guru mereka sebagai musuh mereka, mereka tentu tidak akan belajar banyak. Guru-guru terbaik adalah yang paling terbuka, ramah, dan mudah didekati.

foto: wordpress.com
      6. Persiapan yang sangat baik dan keterampilan organisasi.
Tidak peduli seberapa memesona Anda, jika Anda muncul di kelas tanpa rencana yang baik untuk mengajarkan materi Anda, Anda tidak akan berhasil. Guru-guru hebat menghabiskan waktu tanpa henti di luar kelas untuk mempersiapkan, merancang pelajaran, belajar lebih banyak baik tentang materi pelajaran mereka maupun cara mengajar, berpartisipasi dalam pengembangan profesional, dan memikirkan cara-cara segar dan menarik untuk menjangkau siswa.

Para guru terbaik memiliki rencana pelajaran, ceramah, dan tugas yang sangat baik yang terus mereka tingkatkan. Mereka telah belajar secara luas dan membaca secara luas tentang cara mengajar dan metode untuk memfasilitasi pembelajaran. Mereka menyusun hari, pelajaran, dan unit mereka sedemikian rupa sehingga menumbuhkan pemahaman dan minat maksimal. Mereka berkolaborasi dengan guru-guru lain dan menghadiri kelas-kelas untuk belajar lebih banyak tentang materi pelajaran mereka dan cara terbaik untuk menyampaikannya. Mereka tersedia di luar kelas, dan mereka menilai kertas dengan cepat, menulis catatan pribadi untuk membantu siswa mereka memahami.

7. Etos kerja yang kuat.
Siapapun tahu mengajar adalah salah satu pekerjaan tersulit yang ada. Rahasia yang membuat mereka terus maju adalah bahwa guru yang hebat benar-benar ingin menjadi guru yang hebat, dan mereka akan berhenti jika tidak berhasil. Seorang guru yang hebat akan melakukan hampir semua hal untuk membantu siswa mereka. Mereka selalu menyediakan waktu dan mereka selalu bersedia membantu. Jika sesuatu tidak berhasil, mereka akan bekerja tanpa lelah sampai mereka menemukan solusi. Pekerjaan seorang guru tidak pernah dilakukan tetapi yang terbaik tidak pernah berhenti berusaha, mereka tidak pernah berhenti.

 8. keterampilan membangun masyarakat
Para guru terbaik memahami pentingnya membangun lingkungan yang mendukung dan kolaboratif. Selain membentuk hubungan peduli dengan setiap siswa, guru terbaik memupuk hubungan yang sehat dan saling menghormati antara siswa. Mereka tahu bagaimana membuat pedoman dan menetapkan peran untuk meminta bantuan dan partisipasi setiap siswa. Setiap siswa merasa bahwa mereka tidak hanya diterima oleh kelompok yang lebih besar, tetapi juga bahwa kehadiran mereka merupakan unsur penting dalam keajaiban kelas. Ruang kelas mereka seperti komunitas kecil di mana setiap individu memainkan peran dan merasa di rumah.

foto: work.chron.com
      9. Memiliki harapan yang tinggi untuk semua.
Studi menunjukkan bahwa harapan guru memiliki dampak besar pada prestasi siswa. Guru-guru terbaik memiliki harapan tinggi untuk semua siswa mereka. Mereka berharap banyak dari setiap siswa, tetapi harapan itu menantang dan realistis. Ini tidak berarti mereka menahan semua siswa dengan standar tinggi yang sama, tetapi sebaliknya mereka tahu apa yang masing-masing siswa mampu secara individu dan berusaha untuk membantu masing-masing siswa mencapai yang terbaik pribadi mereka.
 
 

Respon Cepat


Call / SMS/WA
08787 065 1432

0812 95 800765

Selamat Bergabung

Sigma Ganesha mengucapkan Terimaksih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami.

Kami bangga bisa melayani dan memberi yang terbaik.

Semoga layanan kami dapat memberi solusi dan manfaat.

Selamat Bergabung di Sigma Ganesha.

Get Success with Us

Berita