Melayani Guru Les Privat ke Rumah TK, SD, SMP, SMA, SBMPTN, SIMAK UI, OSN, Les Bahasa Inggris, di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi. Mobile Phone:.08787.065.1432 / 0812.95.800.765

Tips Lolos Seleksi SNMPTN dari Guru Les Privat Sigma Ganesha


sumber foto: surabaya.co.id


Untuk dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri  (PTN) Favorit butuh perjuangan yang tidak mudah. Persaingan ketat siswa dari seluruh Indonesia mengharuskan kamu harus belajar lebih ekstra keras bahkan tidak sedikit materi yang harus dikeluarkan demi perguruan tinggi yang didambakan. Ada tiga jalur masuk perguruan tinggi, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri.  SNMPTN merupakan jalur undangan sedangkan SBMPTN dan Jalur Mandiri adalah jalur penerimaan melalui ujian tertulis. Tentunya semua siswa berharap mendapatkan jalur undangan tanpa harus mengikuti ujian tertulis.

Apa saja indikator penilain SNMPTN?
      1. Nilai rapor
Tidak hanya nilai rapor yang bagus tapi dilihat juga konsistensi, rata-rata, dan nilai mata pelajaran tertentu. Prestasi rapor ini dilihat sejak semester 1 hingga semester 5 untuk masa belajar sekolah 3 tahun dan semester 1 hingga 7 untuk masa belajar sekolah 4 tahun.
      2.  Indeks Sekolah
Setiap sekolah memiliki kriteria sendiri dalam menentukan nilai. Kriteria dalam menentukan indeks sekolah, diantarnya akreditasi sekolah, IPK dan IPK dan prestasi alumi yang dituju, nilai SBMPTN tahun sebelumnya di PTN yang dituju, jumlah siswa yang diterima SNMPTN sebelumnya di PTN yang dituju, prestasi sekolah dalam berbagai perlombaan nasional atau internasional, dan track record sekolah di PTN yang bersangkutan.

Tips bagaimana agar lolos SNMPTN?
1. Tentukan jurusan yang  kamu inginkan sesuai minat dan bakat.
Langkah pertama ini agar kamu tidak salah memilih jurusan. Banyak siswa yang telah diterima di PTN setelah melalui beberapa semester merasa jurusan yang dia pilih tidak cocok dengan bakat dan minatnya sehingga tidak sedikit siswa yang akhirnya pindah jurusan dengan mengikuti ujian masuk PTN di tahun berikutnya.
2. Cari informasi detail jurusan yang kamu pilih di PTN yang dituju.
Informasi umum yang harus kamu ketahui seperti daya tampung, jumlah pendaftar dan yang diterima, jumlah pendaftar diterima berdasarkan jurusan dan profinsi.
3. Carilah informasi indeks.
Informasi indeks sekolah bisa diperoleh dengan menanyakan pada guru Bimbingan Konseling (BK) tentang sebaran alumni yang diterima di PTN yang dituju. Misalkan tahun lalu yang diterima di PTN A ada 15 anak dari 30 pendaftar, PTN B ada 15 anak dari 50 pendaftar, dan PTN C ada 25 dari 60 pendaftar. Dari data tersebut kita dapatkan presentase yang diterima di PTN A 50%, PTN B 30 %, dan PTN C 41,7 %. Berdasarkan presentasi tersebut kamu berpeluang besar diterima di PTN A tapi sesuaikan juga dengan bakat dan minatmu.

Kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan siswa sehingga tidak lolos SNMPTN:
1. Memilih jurusan atau PTN berdasarkan passing grade.
Peluang lolos SNMPTN tergantung pada indeks sekolah masing-masing jadi bukan berdasarkan passing grade karena dasar perhitungan passing grade adalah nilai SBMPTN.
2. Jangan berharap pada PTN pilihan 2.
Rata-rata siswa yang diterima SNMPTN adalah PTN pilihan 1. Jadi fokus saja dipilihan 1 sehingga kamu bisa mempersiapkannya dengan baik. 
3. Salah memilih jurusan.
Dari awal tulisan ini, untuk memilih jurusan haruslah sesuai dengan minat dan bakat. Ada siswa yang melepas SNMPTN bahkan sudah kuliah di semester 1 atau 2 akhirnya mengikuti SBMPTN di tahun berikutnya karena merasa tidak cocok dengan jurusan yang sudah dia pilih. Dengan begitu kamu sudah membuang waktu dan berdampak pengurangan kuota di sekolahmu sehingga peluang adik kelas di PTN yang sudah kamu pilih berkurang bahkan ada yang sampai ditutup kuotanya.

Dari semua yang sudah dijabarkan di atas, tentunya tidak mudah untuk dapat lolos SNMPTN. yang terpenting yang bisa dilakukan saat ini terutaman siswa kelas 1 SMA/MA harus benar-benar serius belajar, tidak banyak membuang waktu dengan sosial media jika ingin nilai rapormu bagus sebagai salah satu kriteria lolon SNMPTN. Persiapan belajar juga dapat dibantu dengan bimbingan guru les privat di rumah. Les Privat Sigma Ganesha adalah lembaga bimbingan belajar yang menyediakan guru privat ke rumah untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Hubungi kontak Les Privat Sigma Ganesha di 087.870.1432 atau 0812.95.800.765

 

Respon Cepat


Call / SMS/WA
08787 065 1432

0812 95 800765

Selamat Bergabung

Sigma Ganesha mengucapkan Terimaksih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami.

Kami bangga bisa melayani dan memberi yang terbaik.

Semoga layanan kami dapat memberi solusi dan manfaat.

Selamat Bergabung di Sigma Ganesha.

Get Success with Us

Berita